Panduan Praktikum Instalasi Sistem Refrigerasi

 

Setelah sekian lama dengan berbagai perjuangan, dan janji-janji yang tidak tertepati, serta sekian kali permohonan maaf, akhirnya panduan ini jadi juga. Panduan ini sudah saya upload beberapa waktu lalu, hanya saja saya belum sempat mempublishnya. apapun itu alasannya, filenya silahkan di download disini.

Panduan ini bukan hanya berguna untuk semeser ganjil ini saja, tapi juga untuk semester genap yang akan datang. Harapannya adalah, dengan panduan praktikum ini mahasiswa dapat lebih siap untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan/praktek.

Memang disana sini masih banyak kekurangan…. tapi seiring dengan waktu, mudah-mudahan dapat diperbaiki sehingga menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Terimakasih untuk Pak Apip yang telah bersusah payah membuat versi Autocad dari gambar sistemnya, dan Pak Tandi yang memberikan inspirasi tentang teknis pelaksanaannya.

Salam

whm

2 Responses to Panduan Praktikum Instalasi Sistem Refrigerasi

  1. ririsgitchu says:

    salam kenal,

    saya sedang mencari2 design untuk pembuatan pabrik es balok skala kecil. kemarion saya dimintain bantuan salah satu LSM dipapua untuk melihat bangunan pabrik es yang dibuat tidak beroperasi dengan baik, ini adalah bangunan pabrik es yang baru pertama kali saya lihat dan ternyata kayak freezer prinsipnya.
    saya ini orang lulusan teknik sipil, tetapi dimintain advise untuk membantu mengembalikan fungsi pabrik es tersebut agar dapat beroperasi dengan baik lagi.
    saya coba2 browsing ke internat untuk mencari sumber2 yang mungkin dapat membantu saya, salah satunya saya ketemu dengan blog ini. jika saya boleh tahu, dapatkah saya diberikan sedikit gambaran bagiamana proses pembuatan es balok itu, jika ada dengan piping diagramnya dan installasi electricalnya…saya hanya tahunya bangunannya saja..
    salam
    Hananto
    hananto.adi@gmail.com
    +08111499245
    papua

  2. Mhsw_RA07 says:

    Assalamu’alaikum…
    Alhamdulillah, berhasil juga download panduan praktikumnya pak…
    Dari kemaren gak support komputernya,
    Terimakasih, sangat membantu untuk praktikum instalasi sis_ref..dan smoga kerjaan instalasinya lancar.
    Dosen-dosen RA lagi demam blog rupanya..
    Wassalam…

Leave a Reply

