Kisah Masuk Islam-nya Umar bin Khattab RA

Umar bin Khattab ra terkenal sebagai orang yang berwatak keras dan bertubuh tegap. Sering kali pada awalnya (sebelum masuk Islam) kaum muslimin mendapatkan perlakukan kasar darinya. Sebenarnya di dalam hati Umar sering berkecamuk perasaan-perasaan yang berlawanan, antara pengagungannya terhadap ajaran nenek moyang, kesenangan terhadap hiburan dan mabuk-mabukan dengan kekagumannya terhadap ketabahan kaum muslimin serta bisikan hatinya bahwa boleh jadi apa yang dibawa oleh Islam itu lebih mulia dan lebih baik.

Sampailah kemudian suatu hari, beliau berjalan dengan pedang terhunus untuk segera menghabisi Rasulullah SAW. Namun di tengah jalan, beliau dihadang oleh Abdullah an-Nahham al-‘Adawi seraya bertanya:

“Hendak kemana engkau ya Umar ?”,
“Aku hendak membunuh Muhammad”, jawabnya.
“Apakah engkau akan aman dari Bani Hasyim dan Bani Zuhroh jika engkau membunuh Muhammad ?”,
“Jangan-jangan engkau sudah murtad dan meninggalkan agama asal-mu?”. Tanya Umar.
“Maukah engkau ku tunjukkan yang lebih mengagetkan dari itu wahai Umar, sesungguhnya saudara perempuanmu dan iparmu telah murtad dan telah meninggalkan agamamu”, kata Abdullah.

Setelah mendengar hal tersebut, Umar langsung menuju ke rumah adiknya. Saat itu di dalam rumah tersebut terdapat Khabbab bin Art yang sedang mengajarkan al-Quran kepada keduanya (Fatimah, saudara perempuan Umar dan suaminya). Namun ketika Khabbab merasakan kedatangan Umar, dia segera bersembunyi di balik rumah. Sementara Fatimah, segera menutupi lembaran al-Quran.

Sebelum masuk rumah, rupanya Umar telah mendengar bacaan Khabbab, lalu dia bertanya :

“Suara apakah yang tadi saya dengar dari kalian?”,
“Tidak ada suara apa-apa kecuali obrolan kami berdua saja”, jawab mereka
“Pasti kalian telah murtad”, kata Umar dengan geram
“Wahai Umar, bagaimana pendapatmu jika kebenaran bukan berada pada agamamu ?”, jawab ipar Umar.

Mendengar jawaban tersebut, Umar langsung menendangnya dengan keras hingga jatuh dan berdarah. Fatimah segera memba-ngunkan suaminya yang berlumuran darah, namun Fatimah pun ditampar dengan keras hingga wajahnya berdarah, maka berkata-lah Fatimah kepada Umar dengan penuh amarah:

“Wahai Umar, jika kebenaran bukan terdapat pada agamamu, maka aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah Rasulullah”

Melihat keadaan saudara perempuannya dalam keadaan ber-darah, timbul penyesalan dan rasa malu di hati Umar. Lalu dia meminta lembaran al-Quran tersebut. Namun Fatimah menolaknya seraya mengatakan bahwa Umar najis, dan al-Quran tidak boleh disentuh kecuali oleh orang-orang yang telah bersuci. Fatimah memerintahkan Umar untuk mandi jika ingin menyentuh mushaf tersebut dan Umar pun menurutinya.

Setelah mandi, Umar membaca lembaran tersebut, lalu membaca : Bismillahirrahmanirrahim. Kemudian dia berkomentar: “Ini adalah nama-nama yang indah nan suci”

Kemudian beliau terus membaca :
طه
Hingga ayat :

إنني أنا الله لا إله إلا أنا فاعبدني وأقم الصلاة لذكري

“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku”
(QS. Thaha : 14)
Beliau berkata :

“Betapa indah dan mulianya ucapan ini. Tunjukkan padaku di mana Muhammad”.

Mendengar ucapan tersebut, Khabab bin Art keluar dari balik rumah, seraya berkata: “Bergembiralah wahai Umar, saya berharap bahwa doa Rasulullah SAW pada malam Kamis lalu adalah untukmu, beliau SAW berdoa :

“Ya Allah, muliakanlah Islam dengan salah seorang dari dua orang yang lebih Engkau cintai; Umar bin Khattab atau Abu Jahal bin Hisyam”. Rasulullah SAW sekarang berada di sebuah rumah di kaki bukit Shafa”.

Umar bergegas menuju rumah tersebut seraya membawa pedangnya. Tiba di sana dia mengetuk pintu. Seseorang yang ber-ada di dalamnya, berupaya mengintipnya lewat celah pintu, dilihatnya Umar bin Khattab datang dengan garang bersama pedangnya. Segera dia beritahu Rasulullah SAW, dan merekapun berkumpul. Hamzah bertanya:

“Ada apa ?”.
“Umar” Jawab mereka.
“Umar ?!, bukakan pintu untuknya, jika dia datang membawa kebaikan, kita sambut. Tapi jika dia datang membawa keburukan, kita bunuh dia dengan pedangnya sendiri”.

Rasulullah SAW memberi isyarat agar Hamzah menemui Umar. Lalu Hamzah segera menemui Umar, dan membawanya menemui Rasulullah SAW. Kemudian Rasulullah SAW memegang baju dan gagang pedangnya, lalu ditariknya dengan keras, seraya berkata :

“Engkau wahai Umar, akankah engkau terus begini hingga kehinaan dan adzab Allah diturunakan kepadamu sebagaimana yang dialami oleh Walid bin Mughirah ?, Ya Allah inilah Umar bin Khattab, Ya Allah, kokohkanlah Islam dengan Umar bin Khattab”.

Maka berkatalah Umar :
“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang disembah selain Allah, dan Engkau adalah Rasulullah .
Kesaksian Umar tersebut disambut gema takbir oleh orang-orang yang berada di dalam rumah saat itu, hingga suaranya terdengar ke Masjidil-Haram.

Masuk Islamnya Umar menimbulkan kegemparan di kalangan orang-orang musyrik, sebaliknya disambut suka cita oleh kaum muslimin.

Kisah masuk islamnya Umar bin Khattab, saya baca ketika saya kelas 1 SMP. Ketika itu, saya sedang iseng, dan main ke perpustakaan sekolah. Saya mendapatkan salah satu buku tipis.. tentang Umar bin Khattab san saya membacanya lembar demi lembar. Pada bagian ini sungguh saya merasa sangat tergugah… sehingga tampak terasa saya sempat meneteskan air mata.. Kenapa ? Saya pun tidak tahu sebabnya. Karena saya kesulitan mencari buku itu, tepatnya saya lupa, maka saya cuplikan tulisan di atas dari salah satu situs di (terimakasih pada penulisnya) :

http://rinalbella-rinal.blogspot.com/2009/09/kisah-masuk-islam-nya-umar-bin-khattab.html

174 Responses to Kisah Masuk Islam-nya Umar bin Khattab RA

  1. ir.h.abdullah says:

    sama, saya juga membaca kisah atau sirah saat smp. cobalah anda baca cicit Umar Bin Khattab yaitu Umar bin Abdul Azizi. Siapakah dia ?

  2. didot says:

    subhanallah saya baru baca ceritanya dan tergetar hati saya membayangkannya… ini adalah seseorang yg setan pun takut jika mendengar langkah kaki kudanya…

    salam ukhuwah islam :)

  3. bayu djbb says:

    terobsesi untuk menjadi seperti umar bin khattab,,
    Allahu Akbar !X!!

  4. hamdia says:

    masya Allah…

    airmata menetes tak terhingga…maha suci Allah…

  5. Martua says:

    Assalamu alaikum,

    Saya juga kagum akan Saidina Ummar bin Khattab, saya ada kisah nyata waktu kerja ke Iran.

    Mungkin sebagian udah tau kalo Iran itu sangat mencintai Ali bin Abitholib sampai2 adzan pun ditambahkan nama SAidina Ali habiyullah, namun “sangat tidak suka” dengan Ummar bin khattab karna katanya doeloe, negara mereka Persia dihancurkan sama Saidina Ummar.

    WAktu itu saya pernah ditanya dengan customer saya yg nota bene nya kolonel di angkatan laut mereka (waktu itu saya ada commissioning 3 kapal di Bandar Abbas)

    Trus dia tanya, saya percaya sama Ummar atau Ali?
    sebenarnya saya sedikit kuatir nanti bisa2 jadi ribut sama mereka, tapi saya yakin kalo Islam itu agama yang indah dan membawa kedamaian.

    Maka saya jawab, saya percaya dengan Ummar,
    dan mereka mulai berkata sesuatu diantara mereka, tapi sebelum mereka bilang apa2 sama saya, langsung saya jawab, saya kagum sama Ummar bin Khattab dan saya sayang sama Ali bin Abitholib dan bukan cuma mereka berdua saja, saya juga bilang saya justru percaya akan mereka berempat, yakni Abu Bakar As-siddik dan Utsman bin Affan.

    Mendengar ucapan saya, langsung aja itu kolonel senyum2 dan manggut manggut….

    Alhamdulillah, Ilmu telah menyelamatkanku.

    Saya pernah baca buku, Rasulullah pernah berkata sesungguhnya ALi itu adalah Gerbangnya Ilmu…

    Moga bermanfaat..

    Wassalam,
    Martua

  6. Raufina says:

    terima kasih, sangat membantu untuk mengerjakan tugas agama saya..

  7. feri mafari says:

    Subhanalloh….maha suci Alloh yg telah menciptakn manusia yg begitu sempurna…
    sahabat umar yang r.a yang begitu disegani oleh lawan dan kawan begitu juga dengan syaithon yg jga takut akan kehadiran beliau…subhanalloh…
    baarokallohu lanaa …amiiiinnn

  8. yusufns says:

    @Feri Mafari

    Saya senang membaca komentar-komentarnya. Kalau kisahnya sudah berkali-kali saya baca. Salah satu yang saya senang membacanya adalah komentar dari Feri:

    “Subhanalloh….maha suci Alloh yg telah menciptakn manusia yg begitu sempurna…
    sahabat umar yang r.a yang begitu disegani oleh lawan dan kawan begitu juga dengan syaithon yg jga takut akan kehadiran beliau…subhanalloh…
    baarokallohu lanaa …amiiiinnn”

    Dari kutipan ini, saya membayangkan betapa enaknya jadi Umar bin Khatab, syaitaon saja takut. Kalau takut, dia bisa hidup tanpa godaan syaiton sementara yang lain (termasuk Nabi) hidup masih haru melawan godaan syaiton. Karena syaiton takut, maka kesalahan-kesalahan yang sempat dilakukan Umar itu murni kesalahannya sendiri tanpa campur tangan atau godaan syaiton. Apa benar begitu? Kayaknya nggak logis deh!

    Saya nggak sepenuhnya percaya, kadang sejarah itu bercampur aduk dengan fiksi. Bahkan fiksinya suka lebih banyak, karena biar ceritanya lebih seru. Kemanusiaan kita, kecerdasan kita, dan pengetahuan pendukung lainnya, akan membantu kita melihat cerita lebih “manusiawi”.

    Salam.

    • belajar lagi donk says:

      tau ga klo para sahabat itu Alloh ridho pada mereka . umar salah satu dari 10 orang yg dijamin masuk surga ( Hr. Bukori) tidak seperti saya dan kamu. coba baca q. at tawbah : 100.

      dan hadist mengenai peserta perang badar, bagaimana nabi saw bersabda bahwa Alloh telah ridho terhadap apapun yg mereka lakukan. mereka sahabat, tidak seperti kita yg jika kita dapat kabar dari nabi saw tentang hal ini, tentu kita akan seenaknya seperti zina, dsb. paham ga

  9. muchlisin says:

    subhanaallah aku bru baca cerita tentang umar , keren banget

  10. masyent@gmail.com says:

    kalau Umar ra yang gagah perkasa serta berani dan disegani masyarakat aja tidak sombong untuk berislam dan membela islam lha kita?

  11. aqlan says:

    ‘afwan..
    boleh tanya,,? umar masuk islam umur berapa ya??
    jazakumullah khair katsir..

    • Yudi JZ01TTN says:

      bg aqlan, saya baru aja dapat ceramah di mesjid agung tapaktuan-aceh dari ustadz ttg kehidupan umar bin khatab masuk islam, dalam dakwah beliau menyebutkan ummar sebelum masuk islam sangat bengis, dan ditakuti oleh kaumnya, tetapi stelah mendengar ayat suci al-qur’an ummar lgsg terbuka hatinya, niat mau membunuh muhammad saw tidak jadi hatinya jadi luluh, yang anehnya lagi perbandingan dgn umat islam sekarang perkataan lembut dan santun, ttp bila mendengarkan ayat2 al-qur’an dan hadist2 syaih menjadi bengis hatinya…terkejut juga saya mendengarnya dan kadang2 bila dihayati dari berita2 TV benar juga banyak para pejabat sprt itu, manis mulutnya trhdp rakyat…
      ummar bin khatab masuk islam saat umuran 27 tahun. yang saya dengarkan dari ustadz dari yaman…smg kita semua ummat muslim dilindungi Allah SWT, amin YRA.

  12. Black says:

    Ya Allah…buatlah Islam ini kuat dengan masuknya salah satu dari kedua orang ini. Amr bin Hisham atau Umar bin Khattab.” di sini kok abu jahal?? bkn nya abu jahal musuh no.1 dlm islam?

    • gus says:

      Betul, Dalam doa Rasulullah saw adalah salah satu dari dua Umar. Bukan Abu Jahal, musuh besar Islam. Mohon dikoreksi lagi. Namanya saja Abu Jahal, bapak yang bodoh artinya bodoh dari kebenaran. Jangan merubah sejarah dan menyesatkan yang tidak tau sejarah

      • aprizal stain says:

        bukan gitu mas maksudnya antara dua umar
        yaitu sama2 keras orangnya, klo umar bin khattab dia langsung membunuh sedangkan abu tungku eit abujahal maksudnya itu dia main aniaya makanya umar terpilih jadi masuk islam, coba baca siroh kembali dalam al-qur’an ju8ga di jelaskan antara debat umar dan abu bakar dalam hal tawanan….. klo umar bilang langsung bunuh sdangkan abu bakar denda.. allh menurunkan ayat dan menegur rasulullah yang menuruti perkataan abu bakar yang di bebaskan tawanan dgn membayar denda sedangkan pendapat umar di abadikan dalam al-qur’an bahwa langsung bunuh tuh tawanan.

      • muadz royyan says:

        Gimana sih nih yang bilang doa itu salah itu memang betul adanya emang dikirain Abu jahal itu nama sendiri mana mungkin ibunya ngasih nama kaya gitu

      • hafidz says:

        Hahaha..ada yang lucu..

    • fakhri says:

      amr bin hisham = abu jahal. amr bin hisham itu artinya amr putra hisham, amr itu nama asli abu jahal, hisham nama ayahnya. sedangkan abu jahal adalah كنية atau julukan dia yang kemudian lebih populer daripada nama aslinya. jadi tulisan di atas sudah betul, bukan salah, apalagi sesat.

  13. gus dur says:

    Utk yusufns

    Islam itu bukan utk diperdebatkan melain utk dipraktekan bro…..

  14. muntadir says:

    ALLAHU AKBAR

  15. gengsurau says:

    mohon share cerita ini. Jazakallahu khairan

  16. Umi Najma says:

    Umar bin khattab, engkau adalah pejuang islam sejati, . Ya ALLAH, hamba Mu ini ingin bertemu Rasulullah dan sahabat-sahabatnya. . Walaupun hanya dalam mimpi. .

  17. rizal says:

    Saya mau cari kepimpinan umar selama jadi khalifah

  18. Firdaus says:

    Sungguh kisah yang bagus. Slm knal ya kaka

  19. Bendot says:

    subhanAllah,
    ane suka disaat, umar bin khatab mau menemui rasul, kemudian rasul menyuruh hamzah yg tidak lain adalah paman nabi (sang singa Allah) untuk menemuinya, karena pada saat itu cuma hamzah yg berani menghadapi umar, 2 Hamba Allah yang gagah berani berturut2 memeluk islam.

  20. Bendot says:

    Singa Allah dan Singa padang pasir

  21. rizka AF aceh says:

    subhanallah,,,,,
    keren …..

  22. puji purdhiyah says:

    trma ksh crta’ya……….

  23. deyodo says:

    yah ceritanya seperti dongeng….ngak jelas….. kapan tahunnya ? berapa usianya ????? siapa yang meriwayatkan ????????? ngak jelas

  24. Mungkin ini sedikit penjelasan yang di maksudkan “syaitan” takut dengan langkahnya Umar bin Khatab.Sayidina Umar mengucapkan kebenaran dan melakukan nahi munkar sepahit apapun itu. Maka oleh karena itu, setan pun takut kepada beliau. Maksudnya, kemunkaran merasa sangat takut untuk menampakkan diri di hadapan Umar, karena beliau pasti akan memberantasnya dengan keras. “Demi Allah, setiap kali setan menjumpaimu melintasi sebuah jalan, maka ia mengambil Shallallâhujalan lain yang bukan jalanmu,” demikian pujian Rasulullah untuk Umar.

  25. Ramelan BE, Pengurus Masjid Al Ikhlas Anggara Graha Sagulung Batam. says:

    Makasih cerita singkat Umar bin Khatabnya. Sejarah Islam harus kita gali sebanyak-bayaknya.
    Friend, bacalah blog saya : memahamialqurandanhadits.blogspot.com/
    Semoga saling ingat dan mengingatkan. Amien.
    Ramelan BE

  26. belajar lagi donk says:

    @yuyunfs :
    “Subhanalloh….maha suci Alloh yg telah menciptakn manusia yg begitu sempurna…
    sahabat umar yang r.a yang begitu disegani oleh lawan dan kawan begitu juga dengan syaithon yg jga takut akan kehadiran beliau…subhanalloh…
    baarokallohu lanaa …amiiiinnn”

    Dari kutipan ini, saya membayangkan betapa enaknya jadi Umar bin Khatab, syaitaon saja takut. Kalau takut, dia bisa hidup tanpa godaan syaiton sementara yang lain (termasuk Nabi) hidup masih haru melawan godaan syaiton. Karena syaiton takut, maka kesalahan-kesalahan yang sempat dilakukan Umar itu murni kesalahannya sendiri tanpa campur tangan atau godaan syaiton. Apa benar begitu? Kayaknya nggak logis deh!

    Saya nggak sepenuhnya percaya, kadang sejarah itu bercampur aduk dengan fiksi. Bahkan fiksinya suka lebih banyak, karena biar ceritanya lebih seru. Kemanusiaan kita, kecerdasan kita, dan pengetahuan pendukung lainnya, akan membantu kita melihat cerita lebih “manusiawi”.

    Salam.

    tau ga klo para sahabat itu Alloh ridho pada mereka . umar salah satu dari 10 orang yg dijamin masuk surga ( Hr. Bukori) tidak seperti saya dan kamu. coba baca q. at tawbah : 100.

    dan hadist mengenai peserta perang badar, bagaimana nabi saw bersabda bahwa Alloh telah ridho terhadap apapun yg mereka lakukan. mereka sahabat, tidak seperti kita yg jika kita dapat kabar dari nabi saw tentang hal ini, tentu kita akan seenaknya seperti zina, dsb. paham ga

  27. Pudjis says:

    Subhannalloh….umar bin khatab si singa padang pasir

  28. Ardi says:

    Subhannallahh….Maha Besar ALLAH S.W.T

  29. diki says:

    smoga kita ada dalam rid,ha Nya….kelak nanti kita bisa bertemu sayidina Rosulallah dan para sahabat nya…amiiiiiin

  30. hamba ALLAH says:

    mantap,ketangguhan hati dan ahklak beliau.

  31. Ummar Bin Khatab itu memang luar biasa :-)

  32. Mardatillah says:

    Tayangan “Omar” Umar Bin Khattab
    MNCTV jam 04.00 wib, ada 31 episode

  33. Rahmat says:

    Subhannallah..mudah2an anak sya kelak bisa selembut abu bakar ash shidiq,sebijaksana umar bin khattab,se dermawan ustman bin affan,sepintar ali bin abi thallib,sesederhana bilal,setegar khalid bin walid radialohu’anhum..amin

  34. fulan says:

    kalo nyari kaset omar yg ada di mnctv ada ndak ya?

    • muadz royyan says:

      Ada saya udah beli tapi bajakan belinya gak bisa satu kaset harus 4 disitu semua episodenya lengkap dari awal sampai akhir saya beli Di bsd masuk kedalem nah dideket Carrefour tuh ADA Tanya aja ama penjualnya

  35. aya says:

    ijin copas

  36. caki cika says:

    Subhanallaaah,,,, kisah umar bin khattab betul2 menyentuh. Apalg jk qta nonton kisahx di mnctv, hampir setiap sahur sy & anak sy (umur 7 th) menonton kisahx yg membuat hati bergetar menyaksikan kisah umar & sahabat2 Nabiyullah. Salawat atas mu wahai Rasulullaah & para sahabat2x !!!!

  37. naisa says:

    subhanallah smoga Allah memberkahi

  38. Mokhammad says:

    Jujur kalau mendengar/dan membaca namar Umar Ilangkah ibn Khattab seluruh badanku merinding karena Sayyidina Umar itu dijuluki Al faruq yang memisahkan hak dengan bathil, danm setanpun takut dengan langkah kakinya

  39. aham says:

    subhanallah… kalau manusia di beri hidayah, siapapun dia..jadi sejahat jahatnya manusia. hanya Allah yang maha mengatahui….contoh sahabat rasulullah.. Usman bin khattab. RA, mantap kisah nya ada di mnctv subuh

  40. chung says:

    Buat saudara2 bisa liat cerita umar bin khatab di MNCTV, itung2 nambah pengetahuan sambil nunggu adzan subuh,,,

  41. Karin Winda says:

    Makasih udah bantu aku mengerjakan tugas agama islam,dan udh buat aku mengerti akan MahaBesar-Nya Allah SWT :)

  42. eank semar says:

    aku adalah engkau,engkau adalah aku.aku dan engkau adalah dia

  43. Imam Mami says:

    omar(umar bin khattab)

  44. Syah says:

    setiap kali saya membaca atau menonton film cerita tentang umar bin khattab air mata saya selalu berlinang. begitu harunya, begitu kagumnya pada keberanian dan perjuangan umar bin khattab dalam memperjuangkan agama islam. sedangkan kita apa yang kita perbuat… jangankan berjuang untuk islam sedangkan melaksanakan perintah agama dan menjauhi semua larangannya saja tak ada seujung kukupun di lakukan…

    Subhanallah…

  45. Nitha_Chimatchu says:

    . Subhanallah..
    . Puasa kali ini saya sangat bahagia sekali karna stiap hari bisa nonton film ‘Omar’ umar bin khattab di MNC tv
    . Setelah saya nonton film ‘OMAR’ umar bin khattab .. Saya jadi sadar ternyata yg slama ini guru SD,SMP,SMK saya yg menerangkan kisah kisah islam termasuk cerita umar bin khattab sahabat rasulullah ini sangat bagus dan membuatku terharu sampai saya menangis
    . Saya menyesal dulu setiap di terangkan guru SD,SMP,dan SMK tentang kisah-kisah islam saya tidak pernah mendengakan.. Saya selalu maenan sendiri atau bercanda sama temen ,Ternyata setelah saya tau ceritanya, saya jadi menyesal, betapa bodohnya saya dulu yg slalu meremehkan stiap guru nerangin. Skrg saya jadi pecinta buku/film tentang kisah-kisah islam
    . Saya sangat bangga menjadi umat nabi muhammad saw

  46. adzatsudrajat says:

    ” Allahu akbar ” Semoga dengan adanya tayangan
    “Umar Bin Khatab” ini, kita semakin mencintai
    ” Rosululloh SAW ” dengan kita menghidupkan sunahnya Kanjeng Nabi Muhamad SAW , dan Bersholawat kepadanya
    Semoga kita yang mencintai “Rosulullah SAW” di akherat nanti bertemu dengan Beliau, dan mudah mudahan kita mendapatkan Syapaatnya Amin !!

  47. Ayla says:

    Ngak nyangka subhanallah, trnyata ada orang seperti beliau ( umar bin khattab ) yang luluh hatinya ketika membaca al qur’an,,,,

  48. Ayla fauziyah says:

    Ngak nyangka subhanallah, trnyata ada orang seperti beliau ( umar bin khattab ) yang luluh hatinya ketika membaca al qur’an,,,,

  49. ahmad says:

    umar bin khattab adalah sahabat nabi muhammad SAW yg paling dia sayangi

  50. NO NAME says:

    Umar Bin Khattab insya allah masuk surga dan surganya itu setara dengan rassululoh insya allah menurut saya ..

  51. afiqfairuzi says:

    keberadaan syaoton kasat mata bagi Nabi,juga sahabat sekelas umar bin khattab dan orang2 alim,bagaimana kita ingat nabi ibrahim melempar syaiton karena godaaannya hingga setan hancur berkeping2 dalam amalan haji dikenal dengan melempar jumroh,maka dalam kisah kitab2 lain mendengar langkah kakinya umar, syaiton lari tunggang langgang

  52. Dari antara 4 khalifah, Umar Bin Khattab adalah orang yang paling saya suka. Sikapnya yang tegas dan dia adalah orang paling ditakuti orang-orang musyrik. Syaithan sendiri takut pada Umar Bin Khattab. Karena Syaithan takut dan lari terbirit-birit melihat Umar, Jadi pastilah Umar takkan mudah digoda syaithan.

  53. wahyu says:

    kisahnya is teeppppak! bertambah rasanya imanku!

  54. dewi says:

    subhanalloh… dengan cerita “Omar” Umar bin Khattab menambah keimanan dan menjadi tauladan bagi kita.

  55. dewi says:

    saya ingin cerita2 yang lain yg mengisahkan tentang sahabat nabi

  56. mbah codotz says:

    buat syi’ah di larang comet’,. kcuali klo udh tobat,..,.

  57. Nabila says:

    Menakjubkan . . .
    My umar :)

  58. windyhm says:

    Bagi mereka yang merindukan kisah ini, silahkan lihat tautan ini :

    http://ibnumariam.wordpress.com/2012/08/30/download-film-omar-bin-khattab-30-series-lengkap-subtitle-indonesia/

    Semoga bisa lebih meningkatkan iman….kita semua.

  59. Kemuning says:

    Saya menangis setiap membaca kisah umar.. Ternyata dibalik kerasnya sifat terdapat hati yang selembut kapas.. Subhanallah

  60. ramadhan says:

    sebelum masuk islam umar sangat benci ama rosululah sesudah masuk islam sangat mencintai nabi atau rosul

  61. umar says:

    pelajaran yang dapat di ambil dari kisah ini adalah sebaiknya kita tidak terlalu berlebihan dalam menyayangi dan membenci sesuatu sebelum kita mengerti semuanya.. kisah Umar bin khattab di buat dalam 30 episode dan dapat anda download di sini http://omar.collectionfree.com Gratis.. semog bermanfaat

  62. jenny says:

    alhamdullillah kalau kalian sudah membaca bagus..

  63. hambali says:

    suri toladan umar binkhatab wajib di tiru,,,,,,

    • aprizal stain says:

      umar preman pasar tapi jiwanya mantap ketika meluk islam.. setan pun takut sama umar. belum sama wajahnya denger bunyi jalan umar udah ngumpet tuh setan.. wkwkwkw salam knal mas bro dari Aprizal stain batusangkar.

  64. Subhanallah…. Bnyk plajrn yg dpt d ptik dri sjarah d atas, sykr0n..

  65. elleis says:

    Saya berkali kali membaca al kisah umar ra ini tapi saya tidak prnah bosan e

  66. AssalamualaikumTentu saja setan takut pada Beliau. Umar al Faruq, adalah gelar yg menjelaskan kenapa setan takut pada Beliau. Untuk yang sudah coment . Marilah kita menghormati manusia besar sperti Beliau dg menulis nama nya dg huruf kapital. Anda saya atau siapapun yg ikut komen di sini bukanlah siapa siapa dibandingkan Beliau, kemulian kita di gabung jadi satu tidak akan mampu menyamai kemuliaan yang Allah Subhanahu wa Ta’ala karunikan kepada Beliau. Jadi sebut dan tulislah nama Beliau dg huruf kapital besar untuk menghormati Beliau. semoga berkenan. Wassalamualaikum.

  67. dadan nugraha says:

    haturnuhun

  68. fahmi subhan hasany says:

    Terimakasih…pelajaran untuk lebih yakin dalam melangkah di jalanNYa….

  69. Ernawati says:

    Semoga Allah SWT mengirimkan sosok Umar untuk Negeri ini.

  70. edwar says:

    subhanallah semoga kita mendapat hidayah dari riwayat umar bin khattab R.A

  71. ferry says:

    Subhanalloh…syukur alhamdulillah akan islam yg mengalir kepadaku..suri tauladan yg sempurna dari khalifah umar ibn khattab

  72. subahallah islam memeng istimewa

  73. senang says:

    saya juga gembira dengan cerita ini

  74. Rama says:

    Bagus, catatlah amal yang baik

  75. Abdul karim says:

    Bisakah pemimpin indonesia kayak umar atau 1/8 nya aja

  76. hafidz says:

    Allohu Akbar…

  77. real bad boy to muslim hero

  78. evan says:

    Kereeen

  79. Tofa says:

    yang comen ga suka sejarah Islam atau tentang UMAR BIN KHATTAB. R.A jelas2 bukan orang Islam ! dasar Syiah laktatulloh / wahabi, yg kerja nya berdebat ! mereka berkeyakinan lebih pintar akan akal pikir nya ? tapi ke Imanan mereka 0 besar

  80. stink says:

    u/ Belajar lagi dong ;

    lo tuh syiah / wahabi ?? otak lo pinter seperti orang yahudi ! yang selalu bertanya akan KeEsa Alloh,, otak lo kecil bung! ga bakal muat klo terus lo cari-cari, yang ada cuma NGEBLENG alias gila lo! Iman lo tebelin, jangan otak yg bikin lo selalu ngebantah seperti kaum berbantahan (bani israel). jangan-jangan lo ga percaya sama Rosululloh tentang Isra mi’rojd nya Beliau ? Beliau berangkat dari Masjidil Haram (mekkah) ke Masjidil Aqso (palestin) secepat kilat dan langsung naik Menghap ALLOH SWT. bisa lo pikir pake otak ? mending jadi orang bodoh tapi beriman, dari pada orang pintar seperti YAHUDI !

  81. agit says:

    subhanalloh, tiap baca kisah umar bin khattab saya suka netesin airmata..
    Jadi teringat jikalau saya terlahir di jaman nabi apa saya akan mengikuti ajaran nabi atau kah orang” jahiliah? Alhamdulilah y Alloh saya terlahir dikeluarga yang muslim.

  82. agit says:

    diliat dr logisnya.gue seh percaya, cz dia salah satu pendamping perang Rasulluloh SAW. Dn sangat mencintai beliau.

  83. windyhm says:

    Mohon maaf bila saya lama tidak komentar, karena jarang buka halaman ini.
    Melihat postingan-postingan akhir-akhir ini, rasanya saya perlu komentar sedikit.
    Sebagai orang muslim, barangkali kita bisa menjadi rahmat bagi alam ini (sebagaimana Nabiyullah diutus kebumi).
    Salah satu sifat yang harus dipegang adalah “ruhama u bainahum”, berkasih sayang diantara mereka. Jadi sepertinya tidak pantas bagi seorang muslim untuk mecela atau menghina saudaranya, walaupun dalam beberapa hal berbeda cara ibadahnya. Bila kita melihat saudara kita berbeda atau dianggap salah dalam beribadah atau berkeyakinan, maka kewajiban kitalah untuk mengingatkan (selama ybs masih mengganggap Allah adalah satu dan Muhammad adalah Rosulnya). BUKAN MENCELA APALAGI MENGKAFIRKAN.
    Satu sifat lain dari seorang muslim yang baik, adalah SANTUN kepada siapapun.
    Umar adalah sahabat nabi yang ketika sebelum masuk islam terkenal sangat “beringas”, tetapi dia menjadi orang yang begitu halus pemurah setelah masuk islam, tentu peran Nabi sangatlah kuat pengaruhnya terhadap perubahan ini.
    Demikian juga sahabat-sahabat nabi yang lain, yang kadang Rosulullah memberikan julukan atau panggilan/sebutal lain, yang kadang kalau difikirkan adalah tujuannya memotifasi atau memberikan cap yang baik-baik kepada sahabatnya.
    Semoga dengan ini kita bisa mengambil pelajaran dan menjadikan kita lebih baik lagi dalam menjalani sebagai seorang muslim. Tiada lain yang diharapkan oleh kita selain Ridha Allah SWT.
    Amiin.

  84. Zahra says:

    Izin Copy ya.. :) ada tugas..

  85. agus tetriansyah says:

    Subhanallah,mdh2n islam slalu ada,smpai akhr zaman,mdh2n yg blm msuk islam,bsa msuk islam,kerena islam penyempurna dari smua agama…

  86. [...] di kalangan orang-orang musyrik, sebaliknya disambut suka cita oleh kaum muslimin. (ref : windyhm [...]

  87. muhammad says:

    Cerita gak jelas gini kok bisa menyentuh ya….
    Kapan lahirnya…kapan ketemunya dgn utusan Muhammad…umur brp masuk islamnya. Aneh dah. Gak jauh beda dgn cerita “dongeng” saja.

  88. Ririn says:

    Subhanallah, Maha Besar Allah dengan segala firman Nya.

    Saya menangis setiap kali membaca kisah para sahabat dan perjuangan kaum musliman bersama Rasulullah SAW

    Meskipun berulang kali saya baca selalu saja air mata ini jatuh. Demi Allah jujur saja saya sebelumnya seorang wanita yang jauh dari Allah meskipun saya beragama islam tapi saya tidak pernah melaksanakan Shalat, meskipun selalu bersedekah dan berbuat baik pada orang lain tetap saja saya tidak melaksanakan Shalat. Sampai akhirnya Allah membuka hati saya yang selama ini tertutup saya mulai melaksanakan Shalat dan membaca Al-Qur’an sungguh saya merasakan sendiri betapa Maha Besar Allah dengan semua firman Nya. Saya merasa seperti terlahir kembali karena itulah saya selalu menangis jika membaca semua kisah2 seperti diatas. Saya bersyukur menjadi seorang muslim. لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ

  89. fajri says:

    subhanawlah… indah ya kisahnya. klo mau tau lengkap kisah umar bin khatab silakan ke youtube dengar ceramah Alm. KH.ZAINUDIN.MZ dgn judul UMAR BIN KHATAB. slamat mendengarkan. Wasallam.

  90. Dani fatah says:

    Inilah namanya hidaya yang di pilih ole allah swt.maka akan di jaga olehnya.dan ini suda di tetapkan oleh allah di lau mahfus.

  91. saya pribadi sebagai muslim, sangat mengagumi sahabat nabi yang satu ini,, bagamana tidak, dulu beliau adalah orang kafir qurrais, yg kejam&keji sampai2 putrinya sendiri,ia kubur hidup2,tetapi ALLAH cukup berkata QUN FAYAQUN maka jadilah,stlh msk islam,beliau selalu terdepan jika nabiyullah muhamad menyampaikan dakwah

    180 drajat putar arah, dari yg td’a musuhin islam, akhirnya beliau mengerahkan kmmpuannya demi islam, NB:orang qurrais mana berani menjegah beliau ketika keluar dakwah

    sedikit cuplikan cerita, by Nanang manchester

  92. Dedi says:

    Kisah yang mencerahkan

  93. deva16 says:

    klo dari saya …

    sejarahnya UMAR BIN KHATAB adalah sejarah yang menjadi motifasi buat kita smpai sekarang.
    karena ketangguhan dan keberanian beliau sangatlah baik, sampai-sampai syeitan takut melihatnya, sehingga beliau di juluki dengan Singa Padang pasir…
    mari kita ambil hikmah dari cerita ini, dan kembali berjuang dengan keadaan islam sekarang, karena
    Islam bukan cuma di hancurkan dari luar akan tetapi dari dalam juga .
    kita ambil contoh :di Negara kita Indonesia . sudah banyak sekali dari kaum kita yang akhlaknya sudah hancur karena dengan pengaruhnya zaman. mari kita selamatkan saudara-saudara kita dari kehancuran…
    seperti yang di contohkan RASULULLAH dan
    para SAHABAT sebelumnya.

  94. udin says:

    saya izin copast yaa

  95. Heri Firdaus says:

    terimakasih ada tugas PAI

  96. agus miftah says:

    masih adakah Umar-umar disaat sekarang

  97. Ridlo.S.Pd.I says:

    Semoga bisa meningkatkan wawasan kita untuk anak didik kita.

  98. Rikha Ys says:

    Kagum dan jatuh cinta lagi dan lagi stiap baca tentang umar bin khathab. Salah satu shbat nabi yang dijamin msuk surga :)

  99. Sekeras Kerasnya batu, akan hancur oleh air !

  100. wah aku juga senang membacaya,begitu mulianya agama Allah,dan agama yang di ridhoi oleh Allah adalah agama islam

  101. lamanhy says:

    makasih ya allah tlah membuka pintu hatiku

  102. Abdul hafidz says:

    Terima kasih telah membantu tugas agamaku

  103. koko prasetiawan says:

    sunggu jedral muslim yg pnuh ketaqwaan….smoga ALLAh SWT menurunkan umar di zaman moderen

  104. akhul ilmi says:

    kisah sayyidina umar sangat memotivasi kita unt menjalankan kehdpan ini dgn tegar dan tegas thdap perbuatan yang batil/mungkar.

  105. yayang ika fazrin says:

    terimakasih.
    saya juga punya adik namanya Umar semoga senantiasa diberi rahmat,taufik,dan hidayah oleh Allah swt.sehingga bisa menjadi penegak ISLAM yg tangguh dan tegar. Amin.

  106. Jusman Hery says:

    subhanallah,… terharu ketika beliau masuk islam… allahu akbar

    http://www.filmumarbinkhattab.com/

  107. daffa says:

    Subhanallah

  108. Assamaualaikum, wr wb…
    Salam Admin, Artikel yang bermanfaat…!!!
    Subhanallah, Umar Bin Khattab adalah khalifah ke 2 setelah abu bakar as siddiq. Beliau terkenal dengan ketegasannya, adil, jujur dan selalu menyanyagi rakyatnya, baik yang islam maupun yang nonislam. bahkan beliau juga sangat di takuti setan, subhanallah… kangen dengan kepemimpinan sosok pemimpin seperti Umar Bin Khattab

  109. gus ali says:

    Luar biasa umar bin-hkottob dgn ketulussanya masuk islm dan memutuskan sesuatu demi kepercayaanya dgn berani dan tegas juga tanggung jawab yg perlu di contoh untuk suritoladan umat di atas bumi ini آمِيّنْ يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْن. GUS ALI wonoayu sidoarjo.

  110. Annisaa ma'wa says:

    Xixixiixixixixixiii

  111. erni says:

    subhanallah ,,,,,, allahu akbar ,,,,,,

  112. Itulah Betapa Makbul nya Doa Rasulullah Saw Allahu Akbar!

  113. […] Sumber : http://windyhm.wordpress.com/pada-awalnya/kisah-masuk-islam-nya-umar-bin-khattab-ra/ […]

  114. geo says:

    mohon izin untuk ngshare d tempat saya…insya Allah sumber pst saya cantumin..thanks

  115. sabika says:

    Allahu akbar
    bagus banget ceritanya

  116. Ceritanya masih kurang lengkap

  117. wildan says:

    subhanalloh :'( aku pun sempat sedih mendengarnya :'( ,tpi aku tidak tau apa penyebab nya
    .yang jelas, itulah yang di sebut keesaan alloh SWT kepada kaum nya

  118. ali says:

    Hati-hati bahaya syah yg membenci sahabat-sabat nabi kecuali ali…dia memuja ali.

  119. npa ya pmimpin kita tdk meng!kuti gaya pemimpin umar bin khatab.

  120. yg melaknat para sahabat adalah kafirin.

  121. Ibnu Maryam says:

    Download film omarnya langsung disini gan.. http://islamonline.fav.cc/ … Semoga bermanfaat

  122. danil fadilah says:

    alhamdulillah baru saya sadari bahwa umar bin khattab kisahnya sangat mengharukan hati saya…………..

  123. crish says:

    perkenalkan nma ku nanda surya , aku kelas 5.
    aku tau cerita tentang ini aqw baru tau,soalnya di buku agama ku ada dibuku paket agama

  124. terima kasih telah melihat untuk tugas agamaku

  125. hamba Allah says:

    SUbhanAllah inilah yg patut di idolakan setelah ROSULULLAH adalah sahabatnya yg berjuang di jalan Allah.

  126. azzrah says:

    Subhanallah… mantab ceritanya mantab nya kaya makan sate mantab..

  127. Tareeq Annas says:

    Aassalammualaikum..terima kasih kepada sahabat2ku kerana Sudi mengongsi ilmu.

  128. Imas Titin Kartini says:

    SUBHANALLAH…

  129. ughie says:

    izin copy share

  130. wik julianti pratiwi says:

    Berulangkali membaca kisah umar msh saja hati tergetar dan smakin kagum dg singa padang pasir ini..semoga Allah menghadirkan pemimpin indonesia yg mencontoh rasulullah dan sahabat2nya..Aaamiin
    #yg gak percaya kisah diatas,mungkin harus memperdalam agama islamnya lagi,

  131. Fahrudin says:

    Alhamdulillah
    luar biasa
    Allahu akbar

  132. Amanda khoirunnisa says:

    Saya suka membaca cerita ini. Maka saya akan jadikan cerita ini sbgai judul kisah drama di skolah saya

  133. Ridwan says:

    Aku..ter kejud ats perjuangn.umar dlm untk memperjuang kan ajaran” islam

  134. herlinda says:

    subhanallah..

  135. dharma says:

    hebat umar bin katab

  136. Albroo says:

    Smoga ALLAH SWT sll merhmati Umar bin khattab dn klarg nya Aminn…

  137. erwil says:

    muadz royyan@ umar bin abdul azis itu bukan umar bin khattab.. umar abdul azis itu umar yg lain lagi tuh.. gimana sih

  138. panggilan umar bin khatab adalah……
    siapa yang tau
    kalau tidak biar aku yang menjawab
    panggilan umar bin khatab adalah abu hafash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: