Apa sih maksud ukuran AC dalam PK ?

Berikut adalah obrolan dengan salah seorang teman….

———————————————————

Salam Kenal kembali pak.

Wah senang ya Pak dengan autodidak saja Bapak bisa membuat chiller sebanyak
itu.
Boleh dong pak bagi-bagi ilmunya.

Lansung saja menjawab pertanyaan bapak :
1. bagaimana caranya kita tahu misalnya compressor 1 pk itu 9000 BTU, apakah ada alat yang bisa mengukur BTU dari suatu compressor ??? kadang antara satu merek dengan merek lainnya beda BTU nya meskipun pk nya sama.
Jawab : Untuk mengetahui kompresor 1 PK (atau lainnya), secara fisik agak susah, harus banyak pengalaman. Biasanya hal ini tidak bisa diajarkan secara teori. Saya sendiripun sulit membedakan yang 1/3 PK atau 1/2 PK. Akan tetapi, bila kita bisa melihat katalog, maka kita bisa tahu dari spesifikasinya. (Dengan mengetahui tipe saja, kita bisa mencari datanya di internet.)
Untuk memastikan apakah 1 PK itu 9000 Btuh atau bukan, memang kita harus mengujinya, Bapak bisa search juga dengan kata kunci “Compressor Calorimeter” atau sejenisnya. Biasanya pengujian berada pada kondisi tertentu (kadang ada standard-nya) sehingga kita bisa mengetahui kapasitas
kompresor tersbut.
Perlu difahami bahwa istilah PK adalah untuk menyatakan seberapa daya input kompresor/sistem tersbut, sedangkan Btuh, adalah istilah (tepatnya satuan) untuk menyatakan kapasitas pendinginan dari kompresor tersbut.
Bila ada yang menyatakan kompresor dengan PK tertentu berbeda Btuh-nya, artinya memang kompresor tersebut kinerjanya (Performance-nya) berbeda. Kadang kondisi pengujiannyapun berbeda. Kalau diminta memilih, maka cari yang Btuh/PK- nya (disebut EER atau COP) yang besar. Selain EER atau COP, perlu juga kita lihat (berdasarkan spesifikasi) jenis kompresornya, apakah untuk temperatur rendah atau untuk temperatur tinggi.

2. menentukan panjang dan besar pipa condensor dan evaporator , umpamanya berapa panjang dan ukuran pipa condensor dan evaporator untuk compressor 1 pk etc
Jawab : Ini pertanyaan rada susah karena harus lebih detil, tapi saya coba jawab dengan garis besarnya saja. Karena yang diketahui adalah daya kompresornya (W) maka :
ke-1. Hitung kapasitas pendinginan (Qe), dimana Qe = EER x W
ke-2. maka dapat ditentukan Qe = UAdt, dimana U perpindahan kalor menyeluruh evaporator, A luas permukaan evaporator (bila pipa telanjang biasa maka A = 3,14 x Diameter pipa x panjang Pipa), dT beda temperatur fluida yang didinginkan dengan temperatur evaporasinya.
Dengan mengetahui U dan kondisi kerja sistem kita (tekanan evaporasi, yang menunjukkan temperatur evaporasinya, juga temperatur fluida yang didinginkan,) serta diameter pipa evaporator yang digunakan, maka kita dapat menghitung panjang evaporator.

Hal yang sama bisa kita lakukan untuk kondensor, dimana kita hitung dahulu besar kalor yang dilepas di kondensor (Qc), dimana Qc = HRF x Qe atau bisa juga digunakan Qc = (EER + 1) x W.
HRF adalah Heat rejection Factor, yaitu perbandingan kalor dilepaskan di kondensor dibandingkan dengan kalor diserap di evaporator.

Selanjutnya langka ke-2 digunakan untuk menghitung panjag kondensor.

Persoalan yang seringkali sulit adalah bagaimana menghitung U (baik untuk kondensor maupun evaporator).

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.

Salam
WHM.

PS. Saya mohon maaf bila tanpa seijin bapak, email ini saya CC ke mailist
Refrigerasi dan Teknisi AC.

—– Original Message —–
To: <kang.windyhm@…>
Sent: Saturday, August 30, 2008 5:27 AM
Subject: numpang tanya

salam kenal , pak saya Yahya umur 59 tahun , saat ini dari dasar hobby berkembang menjadi bisnis membuat khusus chiller untuk keperluan aquarium dan kolam ikan ada sedikit pertanyaan barangkali bapak bisa membantu ( saya belajar berdasarkan pengalaman secara otodidiak – sama sekali tidak ada dasar di tehnik pendingin , awalnya tanya kiri kanan pada teman saja , tapi teman saya umumnya hanya tahu prakteknya saja , urusan teori mereka tidak tahu ), saat ini lumayan saya telah membuat chiller aquarium sudah lebih dari 500 unit ( sejak 2002 ) * bagaimana caranya kita tahu misalnya compressor 1 pk itu 9000 BTU , apakah ada alat yang bisa mengukur BTU dari suatu compressor ??? kadang antara satu
merek dengan merek lainnya beda BTU nya meskipun pk nya sama * menentukan panjang dan besar pipa condensor dan evaporator , umpamanya berapa panjang dan ukuran pipa condensor dan evaporator untuk compressor 1 pk etc

terima kasih dan maaf kalau merepotkan salam
yahya s halim

19 Responses to Apa sih maksud ukuran AC dalam PK ?

  1. berarti PK berbanding lurus dengan energi listrik yang digunakan ya pak ? dan hubungan nya apa dengan efek pendinginan ?
    btw boleh juga tuh chiller aquarium dan kolam ikannya.

  2. suyamto says:

    brp no hp yang bisa dihubungi trim

  3. bayu says:

    mau tanya..pak…!! saya pengen tahu banyak ttg AC untuk tugas instalasi apakah bpk bisa bantu,merk AC apa yang kiranya bagus dari segi spek dan harga?

  4. Edi says:

    COOLING TEKNIK pemasangan-service-reparasi AC-KULKAS-M.CUCI-DISPENSER-GENSET-ACmobil-STABILIZER. Hub 0761-3210474. 081270173474. DI JAMIN tidak kecewaSPENSER-GENSET-ACmobil-STABILIZER. Hub 0761-3210474. 081270173474. DI JAMIN tidak kecewa

  5. gunawan says:

    pa mau tanya, pada kompresor apa z yang harus diukur n dihitung? penting bgt.

    pa kirim jawabannya ke (gunawangundes@yahoo.com) lengkap dengan rumus dan penjelasaany.

  6. Ade says:

    Mau tanya dong..
    Untuk ukuran pipa cover yang sesuai dengan kapasitas masing-masing PK unit berapa ya…

    thx
    tolong Pak di email yah ke :
    adesumarna024@gmail.com

  7. frits says:

    salam kenal, mohon bantuanx sy punya cool box bekas ice cream tua dengan ukuran p=2m, l=1m, t=1m. sy ingin menggulung kembali evaporator dan condensornya, berapa panjang evaporator dan condensor nya serta diameternya, panjang pipa kapilernya jika sy menggunakan kompresor 1/4 pk? mohon di reply ke email sy, terima kasih bantuannya.

  8. sigitdeby05 says:

    sya pgn tau cra mengetahui ukuran kompresor kulkas

  9. angga says:

    untuk ac central hotel gmna pak sistem kerja sirkulasi dan perawatannya . saya msh baru di dunia hotel jd mohon bantuannya …

  10. Bahrudin says:

    Pak mau tny masalah ice makker kr2 standar amper n PSI low jg hight brp u ukurn 2 PK dg freon 404a

  11. arie bali mulya says:

    salam dari bali…pak…saya merintis bisnis service pendingin di bali….tapi saya kesulitan mengontrol teknisi saya…karna saya kurang faham smia detail pendingin yg berkapasitas besar…apakah ada perbedaan besar antara pendingin kecil dan berkapasitas besar macam chiller atau ac ber pk besar dengan frezzer biasa atau ac selain buat kebituhan rumah tangga

  12. Pak han says:

    Terimakasih utk ilmunya

  13. Pak han says:

    Terima kasih ilmunya

  14. edi bedjo says:

    misi pak mau tanya soal standar kebutuhan panjang pipa untuk setiap pk-nya?gimana cara menghitungnya..dan apa solusinya kalo kita tetap pake ukuran yg ada dgn panjang yg tidak standart?

  15. gaspull says:

    salam kenal pak, bagaimana cara menghitung kebutuhan panjang pipa dan diameter untuk gedung bertingkat terhadap kapasitas AC itu sendiri.

    email: sandhi.yudiyanto@id.indorama.net

  16. Erwans says:

    Penjelasan simpel tentang pk ? Trus mengecek pk mesin dari apa nya ?

  17. Untuk mengetahui besaran PK tanpa alat, apakah ada cara2 tertentu?misalnya dari besarnya mesin dan kompresor di dalamnya???mohon pencerahannya

    Thank you
    http://sewa-ac.weebly.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: